>>> Loketz Syair

Pintar atau Bodohkah ini ?

Suatu hari, seorang pengusaha sedang
memotong rambutnya pada tukang
cukur yang berdomisili tak jauh dari
kantornya. Tiba-tiba mereka melihat ada
seorang anak kecil berlari-lari dan
melompat-lompat di depan mereka. Tukang cukur berkata, "Itu Bejo, dia anak
paling bodoh di dunia!"
"Apa iya?" tanya sang pengusaha
keheranan. Lalu tukang cukur memanggil
si Bejo. Ia merogoh kantongnya dan
mengeluarkan uang koin bernilai 1000 dan 500, lalu memanggil anak itu.
"Bejo, kamu boleh pilih. Ambil salah satu
uang ini, terserah kamu mau pilih yang
mana. Ayo nih!"
Bejo melihat ke tangan tukang cukur
dimana ada uang koin 1000 dan 500, lalu dengan cepat tangannya bergerak
mengambil uang yang bernilai 500.
Tukang cukur dengan perasaan benar
dan menang segera menoleh kepada
sang pengusaha dan berkata, "Benar kan
yang saya katakan tadi? Bejo itu memang anak terbodoh yang pernah
saya temui! Sudah tak terhitung berapa
kali saya lakukan tes seperti itu tadi dan
ia selalu mengambil uang logam yang
nilainya paling kecil."Setelah sang
pengusaha selesai memotong rambutnya, di tengah perjalanan pulang
dia bertemu kembali dengan Bejo.
Karena merasa penasaran dengan apa
yang dia lihat sebelumnya, dia pun
memanggil Bejo lalu bertanya, "Bejo,
sewaktu tukang cukur menawarkan uang koin 1000 dan 500, kok kamu
malah ambil uang yang 500? Kenapa
enggak ambil yang 1000? Nilainya kan
lebih besar dua kali lipat dari yang 500?"
Bejo pun berkata, "Kalau begitu, saya
tidak akan dapat lagi uang 500 setiap hari. Karena tukang cukur itu selalu
penasaran kenapa saya tidak ambil yang
nilainya seribu. Kalau saya ambil yang
1000, berarti permainannya akan
selesai...!"

0 Response to "Pintar atau Bodohkah ini ?"

Bila Anda Puas Berikan Komentar